Sabtu, 11 Mei 2013

DINAMIKA SISTEM KATROL



DINAMIKA SISTEM KATROL
A.    TUJUAN
Eksperimen ini bertujuan untuk :
1.      Menentukan keuntungan mekanik dengan menggunakan 1 sampai 4 katrol.
2.      Menyelidiki perbedaan percepatan dua benda yang bergerak pada system dua atau tiga katrol.
3.      Mendapatkan hubungan antara gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban dengan gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban tanpa katrol.
B.     KAJIAN TEORI
Ketika suatu system yang terdiri atas sejumlah katrol berat ringan tanpa gesekan memiliki sbuah tali yang melingkar di sekeliling system tersebut, tegangan pada setiap panjang ruas tali adalah setara dengan gaya yang bekerja pada ujung tali (F) oleh sejumlah pihak luar. Jadi ketika beban ditahan oleh sepanjang N, gaya bersih yang diberikan kepada beban atau gaya output adalah N. Sering kali katrol terpasang pada beban yang bergerak bersamaa beban dan hanya diperlukan menghitung jumlah panjang tali (N) yang bekerja pada katrol tersebut untuk menentukan gaya output (J. Buinche, 2006).
Pada tali yang dilingkarkan pada katrol dengan radius. Katrol dipercepat beraturan dari keadaan diam sampai mencapai laju sudut dalam waktu. Katrol dianggap berotasi sekitar pusatnya. Misalnya gaya FT bekerja pada sisi katrol dan untuk rotasi katrol dan didapatkan persamaan :
Persamaan diatas menunjukan diagram benda bebas. Dua buah gaya yang bekerja pada ember, gaya gravitasi mg yang bekerja ke bawah, dan tegangan tali FT yang merupakan gaya yang diberikan pada sisi katrol tidak sama dengan berat ember. Dari persamaan diatas kita dapatkan persamaan :
Dan untuk mendapatkan a, kita gunakan persamaan :
Yang berlaku karena percepatan tangensial suatu titik disisi katrol sama dengan percepatan. Dengan mensubtitusikan   ke dalam persamaan kita dapatkan
(Giancoli, 1998).
Katrol adalah suatu roda dengan bagian berongga di sepanjang sisinya untuk tempat tali atau kabel. Katrol biasanya digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat suatu beban. Walaupun demikian, jumlah usaha yang dilakukan untuk membuat beban tersebut mencapai tinggi yang sama adalah sama dengan yang diperlukan tanpa menggunakan katrol. Besarnya gaya memang dikurangi, tapi gaya tersebut harus bekerja atas jarak yang lebih jauh. Usaha yang diperlukan untuk mengangkat suatu beban secara kasar sama dengan berat beban dibagi jumlah roda. Semakin banyak roda yang ada, sistem semakin tidak efisien. karena akan timbul lebih banyak gesekan antara tali dan roda. Katrol adalah salah satu dari enam jenis pesawat sederhana.
Tidak ditemukan catatan mengenai kapan dan oleh siapa katrol pertama kali dikembangkan, tapi kemugkinan besar berasal dari Eurasia. Bagian dasar pembentuk sistem katrol, roda, ditemukan beberapa waktu setelah penemuan di Eurasia pada masyarakat di belahan barat, Afrika sub-Sahara, dan Australia. Dipercayai juga bahwa Archimedes mengembangkan rangkaian sistem katrol pertama, sebagai mana dicatat oleh Plutarch.

A. Katrol Tunggal tetap
Gaya ototmu ketika menaikkan ember dengan langsung menarik tali ke atas sama besar dengan gaya ototmu ketika menarik tali ke bawah melalui katrol tunggal tetap.
Katrol tunggal tetap berfungsi mengubah arah gaya tarik dari menarik ke atas menjadi menarik ke bawah. Ketika kamu menimba air tanpa melalui katrol,kamu harus menarik tali ke atas. Arah gaya beratmu adalah vertikal ke bawah. Karena arah gaya tarikmu "berlawanan" dengan arah gaya beratmu, gaya ototmu ketika menarik tali ke atas tidak dibantu oleh gaya beratmu. Karena itu, pekerjaan menaikkan timba terasa berat.

Katrol tetap KM = 1
Katrol bergerak KM = 2
Katrol majemuk KM = n (n=jumlah katrol)
KM= Keuntungan Mekanik (id.wikipedia.org).
Pengertian katrol adalah roda dengan galur yang melingkar (seperti pelek sepeda). Seperti halnya tuas, katrol juga memiliki titik tumpu, kuasa, dan beban. Katrol terdiri atas katrol tetap, katrol  bergerak, katrol kombinasi (takal), dan katrol (roda) bergandar.
Katrol Tetap
Sesuai dengan namanya, sistem katrol ini dibuat sedemikian rupa sehingga katrol tersebut tetap pada posisinya. Katrol tetap adalah katrol yang letaknya tetap (tidak bergerak). Katrol tetap sering digunakan pada sumur timba (contohnya coba lihat gambar kartol tetap di bawah ini).

Gambar katrol tetap dan skema prinsip kerja katrol tetap

Seperti halnya tuas, titik A adalah titik tumpu, titik B adalah titik beban, dan titik C adalah titik kuasa. Jarak AC adalah lengan kuasa (lk) dan jarak AB adalah lengan beban (lb)
Setelah kita ketahui jarak lengan beban dan lengan kuasa maka keuntungan mekanis (Km) katrol tetap dapat dicari. Sama halnya seperti mencari keuntungan mekanis (Km) pada tuas, maka keuntungan mekanis (Km) pada kartol tetap adalah sebagai berikut.
(Ingat)** Jarak lengan beban (AB) sama dengan jarak lengan kuasa (AC) atau lb = lk atau AB = AC, oleh karena itu keuntungan mekanis katrol tetap adalah 1.
Meskipun keuntungan mekanis menggunakan katrol ini sama dengan satu, namun beban akan terasa lebih ringan daripada tanpa katrol (langsung dengan tali). Hal ini disebabkan oleh gaya yang dilakukan searah dengan berat badanmu. Akan tetapi dampak dari keuntungan mekanis sama dengan 1 (satu) adalah gaya yang kita keluarkan akan sama dengan berat benda, sehingga katrol tetapi tidak bisa digunakan untuk mengangkat benda yang massanya besar. Coba kamu bayangkan apa yang terjadi jika massa bandan kamu itu 50 kg lalu menarik benda dengan katrol yang massanya 56 kg? anda tidak akan mampu menarik benda tersebut justru anda yang tertarik oleh benda tersebut.
Oleh karena itu pemanfaatan katrol tetap hanya bisa digunkan untuk menarik atau mengangkat benda yang massanya kecil. Contoh pemanfaatan katrol tetap adalah sebagai berikut.
  1. Menarik air dari dalam sumur dengan timba
  2. Menaikan bendera agar sampai dipuncak tiang bendera
  3. Menaikan sangkar burung pada saat even lomba burung

Contoh pemanfaatan katrol tetap pada event lomba kicau burung
Sumber gambar: 
humas-trenggalek2.blogspot.com


Katrol  Bergerak
Contoh gambar katrol bergerak dan skema prinsip kerja katrol bergerak
Katrol bergerak adalah katrol yang bergerak jika sedang digunakan. Titik  A  adalah titik beban, titik B adalah titik kuasa, dan titik C adalah titik tumpu. Jarak AC adalah lengan beban dan jarak BC adalah lengan kuasa. Keuntungan mekanisnya sebagai berikut.


Karena BC = 2 AC,  maka keuntungan mekanisnya:

Jadi, katrol bergerak mempunyai keuntungan mekanis 2, artinya perbandingan antara berat beban dan gaya sama dengan dua. Jika kamu mengangkat beban menggunakan katrol jenis ini, kamu hanya perlu memberikan gaya sebesar setengah kali berat beban. Kenapa orang-orang tidak menggunkan katrol bergerak untuk mengangkat air dari dalam sumur? Kenapa orang-orang menggunakan katrol tetap untuk mengangkat air dari dalam sumur yang keuntungan mekanisnya hanya 1? Apa bahaya dari katrol bergerak?
Ingat perlu diperhatikan, walaupun katrol bergerak memiliki keuntungan mekanis 2 yang artinya untuk mengangkat benda diperlukan gaya setengah dari berat benda tersebut, tidak bisa diterapkan di dalam menaikan air dari dalam sumur dengan menggunakan katrol bergerak karena gaya yang kita berikan arahnya berlawanan dengan arah berat benda. Selain melawan berat benda kita juga akan melawan berat tubuh kita sendiri. Jadi sangat berbahaya menggunkan katrol bergerak, jika salah sedikit saja bisa-bisa kita yang tercemplung ke dalam sumur. Jangan coba-coba menggunkan katrol bergerak untuk mengangkat air dari dalam sumur.

Katrol Kombinasi (takal) atau Sistem Katrol
Katrol kombinasi merupakan gabungan katrol tetap dan katrol bergerak yang juga disebut takal. Jadi pengertian takal adalah katrol majemuk yang terdiri atas katrol-katrol tetap dan katrol-katrol bergerak. Takal biasa digunakan untuk mengangkat beban yang massanya besar. Biasanya, sistem katrol ini digunakan untuk mengangkat beban yang massanya mencapai beberapa ton, misalnya kerangka jembatan dan peti kemas. Dengan sistem katrol, kuasa yang diperlukan untuk mengangkat beban tersebut dapat semakin diperkecil. Takal dapat menggunakan dua katrol di mana satu sebagai katrol tetap dipasang di atas dan satu lagi sebagai katrol bergerak. Takal juga dapat menggunakan tiga atau empat katrol.
Contoh gambar katrol kombinasi (takal) atau sistem katrol
Keuntungan mekanik tergantung jumlah katrol dan tali yang menanggung beban. Jika gaya gesekan katrol diabaikan, untuk sistem katrol berlaku persamaan berikut:
w=2 F n
dengan:
w = beban (N)
F = gaya (N)
N = banyaknya katrol
Keuntungan mekanik dari sistem katrol adalah
 
 Jadi keuntungan mekanik sistem katrol bergantung pada banyaknya katrol yang ada.
Katrol (Roda) Bergandar

Gambar katrol (roda) bergandar
Katrol (roda) bergandar adalah beberapa katrol yang disatukan sumbunya. Katrol besar untuk gaya yang bekerja, sedangkan katrol kecil untuk beban. Keuntungan mekanis katrol bergandar adalah pada perbandingan jari-jari roda besar (R) dan jari-jari roda kecil (r).

(www.mafia.mafiaol.com)
C.     ALAT DAN BAHAN
No
Jenis Alat
Kegunaan
1
1 set statif
Sebagai penyangga katrol
2
Katrol (4 buah)
Sebagai objek yang akan diamati keuntungan mekaniknya.
3
Tali
Sebagai media untuk menghubungkan katrol dengan beban dan katrol dengan statif
4
Stopwacth (2 buah)
Untuk menghitung waktu
5
Mistar
Mengukur panjang tali pada katrol
6
Neraca pegas
Mengukur berat benda yang digantungkan pada katrol
7
Beban
Sebagai objek berat kuasa



D.  PROSEDUR KERJA
D.1 Keuntungan Mekanik.
1.      Mengukur berat beban yang telah disediakan dengan menggunakan necara pegas. Mencatat hasil pengamatan kami. (Catatan : hasil pengamatan kami menunjukkan gaya yang diperlukan untuk mengangkat benda)
2.      Mengukur gaya yang diperlukan untuk mengangkat benda dengan menggunakan  1 katrol seperti pada gambar dan gaya yang  diperlukan untuk mengangkat benda seperti gambar
Kemudian mencacat hasil pengamatan kami.
3.      Mengukur gaya yang diperlukan unuk mengangkat benda dengan menggunakan 3 katrol atau 4 katrol. Meminta petunjuk asisten untuk merangkainya.
4.      Mengulangi langkah 2 sampai 3 tetapi benda ditarik ke atas. Meminta petunjuk asisten untuk mengarahkan kami. Mencatat hasil pengamatan kami.
5.      Menentukan keuntungan mekanik dari semua rangkaian yang kami lakukan.
D.2 Menentukan percepatan gerak benda yang bekerja pada rangkaian katrol.
1.        Merangkai katrol seperti pada gambar.







 Meletakkan benda 1 pada katrol bagian bawah dan benda 2 pada katrol bagian atas seperti pada gambar
2.        Menetapkan panjang lintasan benda 1 (dari titik acuannya sampai ke titik tertinggi) dan benda 2 yang akan diukur dari titik acuannya sampai pada posisi terendah.
3.        Mengukur waktu yang dibutuhkan oleh benda 1 untu bergerak dari titik acuannya samapi  ke titik tertingginya dan mengukur pula waktu yang dibutuhkan oleh benda 2 untuk bergerak ke bawah sampai ke titik terendahnya.
4.        Mengulangi poin 2 dan 3 dengan memvariasikan panjang lintasan benda 1 dan benda 2. Mencatat hasil pengamatan kami pada lembar data pengamatan.

E.   DATA PENGAMATAN
a.       Menentukan Keuntungan Mekanik
Tabel 1.1
No
Jumlah Katrol
Berat Beban (N)
Berat Kuasa (N)
1
1
10
10
2
2
10
6
3
3
10
3
4
4
10
2

b.      Menentukan percepatan gerak benda pada rangkaian katrol
Tabel 1.2
No
Jumlah katrol
jarak A (m)
jarak B (m)
Waktu A (s)
Waktu B (s)
1
2
0,2
0,15
0,29
0,3
2
3
0,2
0,15
0,87
0,73






F.   ANALISIS DATA
a.       Menentukan Keuntungan Mekanik


ü Untuk jumlah katrol 1

 = 1
Dengan cara yang sama untuk data yang lain dapat dilihat pada table berikut :
Tabel 2.1
No
Jumlah Katrol
Berat Beban (N)
Berat Kuasa (N)
 KM
1
1
10
10
1
2
2
10
6
1,66666667
3
3
10
3
3,33333333
4
4
10
2
5

b.      Menentukan percepatan gerak benda pada rangkaian katrol
 dimana 
ü  Pada system 2 katrol
Dengan cara yang sama untuk data yang lain dapat dilihat pada table berikut :
Table 2.1
No
Jumlah katrol
jarak A (m)
jarak B (m)
Waktu A (s)
Waktu B (s)
a (A) (m/s²)
a (B) (m/s²)
1
2
0,2
0,15
0,29
0,3
4,756242568
3,333333333
2
3
0,2
0,15
0,87
0,73
0,528471396
0,562957403

 







































G.    PEMBAHASAN
Katrol adalah suatu roda dengan bagian berongga di sepanjang sisinya untuk tempat tali atau kabel. Katrol biasanya digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat suatu beban. Walaupun demikian, jumlah usaha yang dilakukan untuk membuat beban tersebut mencapai tinggi yang sama adalah sama dengan yang diperlukan tanpa menggunakan katrol. Besarnya gaya memang dikurangi, tapi gaya tersebut harus bekerja atas jarak yang lebih jauh. Usaha yang diperlukan untuk mengangkat suatu beban secara kasar sama dengan berat beban dibagi jumlah roda. Semakin banyak roda yang ada, sistem semakin tidak efisien. karena akan timbul lebih banyak gesekan antara tali dan roda. Katrol adalah salah satu dari enam jenis pesawat sederhana.
Pada percobaan ini kami akan menentukan nilai keuntungan mekanik system katrol serta menentukan pecepatan gerak benda pada rangakaian katrol.
Sistem katrol atau katrol berganda adalah penggabungan beberapa katrol, sehingga mempunyai keuntungan mekanik yang berlipat ganda. Keuntungan Mekanik (KM) katrol ganda adalah sama dengan banyaknya katrol yang tersusun pada sistem katrol atau dapat juga ditentukan dari banyaknya tali katrol yang mengangkat beban.
Berdasarkan percobaan yang kami lakukan serta hasil pengamatan kami terlihat ketika kami menggunakan 1 katrol yang digantung pada statif  untuk mengangkat berat beban sebesar 10 N dari hasil pengukuran necara pegas juga kami peroleh berat kuasa sebesar 10 N sehingga nilai keuntungan yang kami peroleh dari perhitungan sebesar 1. Selanjutnya ketika kami menggunakan 2 katrol untuk mengangkat berat beban yang sama nilai yang terbaca pada neraca pegas untuk berat kuasa sebesar 6 N nilai keuntungan mekanik yang kami peroleh dari hasil perhitungan sebesar 1,67. Selanjutnya ketika kami menambah jumlah katrol lagi sebanyak 3 untuk mengangkat berat beban yang sama nilai yang terbaca pada neraca pegas untuk berat kuasa sebesar 3 N nilai keuntungan mekanik yang kami peroleh dari hasil perhitungan sebesar 3,33. Dan terakhir dengan menambah 1 katrol pada rangkaian menjadi 4 katrol nilai berat kuasanya semakin kecil yang terbaca pada neraca pegas sedangkan nilai keuntungan mekaniknya lebih besar yakni nilai berat kuasanya sebesar 2 N dan keuntungan mekaniknya sebesar 5.
Sehingga dapat dikatakan keuntungan mekanik tergantung jumlah katrol dan tali yang menanggung beban. Semakin banyak jumlah katrol yang digunakan semakin besar keuntungan mekaniknya serta berat kuasanya semakin kecil atau ringan.
Pada prosedur kerja yang kedua yaitu melihat pengaruh rangkaian 2 dan 3 katrol terhadap percepatan gerak benda. Terlihat jika pada rangkaian 2 katrol benda 1 dari titik acuannya setelah dilepas membutuhkan waktu 0,29 sekon untuk dapat sampai ketitik tertinggi yang telah ditentukan yaitu 0,15 m, sementara benda 2 membutuhkan waktu 0,3 sekon untuk dapat sampai ketitik terendah dari titik 0,2 meter. Sementara pada rangkaian 3 katrol benda 1 dari titik acuannya setelah dilepas membutuhkan waktu 0,87sekon untuk dapat sampai ketitik tertinggi yang telah ditentukan yaitu 0,15 m, sementara benda 2 membutuhkan waktu 0,73 sekon untuk dapat sampai ketitik terendah dari titik 0,2 meter.
H.    KESIMPULAN
Berdasarkan praktikum yang kami lakukan serta pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa :
1.      Sistem katrol atau katrol berganda adalah penggabungan beberapa katrol, sehingga mempunyai keuntungan mekanik yang berlipat ganda. Keuntungan Mekanik (KM) katrol ganda adalah sama dengan banyaknya katrol yang tersusun pada sistem katrol yang mengangkat beban.
2.      Percepatan benda yang bergerak pada rangkaian 2 katrol lebih besar dari pada percepatan benda yang bergerak paga rangkaian 3 katrol


















Daftar Pustaka
Giancoli.1998.Fisika Jilid 1.Erlangga: Jakarta.
J. Buenche, Fedenche.2006.Fisika Universitas.Erlangga: Jakarta.
www.mafia.mafiaol.com/jenis-jenis-katrol. Diakses pada hari selasa tanggal 25 Desember 2012.
id.wikipedia.org/katrol. Diakses pada hari selasa tanggal 25 Desember 2012.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar